BRATACO
PT. Brataco adalah perusahaan importir dan distributor berskala nasional yang bergerak di bidang bahan baku kimia dan bahan baku makanan untuk industri farmasi, kosmetik, water treatment, food & beverage, dan bakery. PT. Brataco berdiri sejak tahun 1968 dan saat ini sudah hadir di 27 kota di wilayah Indonesia.
PT. Brataco merupakan bagian dari group perusahaan yang terdiri dari 4 unit bisnis, antara lain PT. Ikafood (pabrik bumbu masak dengan brand KOKITA), PT. Ikapharmindo (pabrik Farmasi & personal care brand NR & Mylea), dan PT.Distriversa Buanamas ( Pharmaceutical & Consumer Product distribution). Untuk industri bahan baku makanan, Brataco memiliki berbagai produk unggulan di segmen bakery. Berikut adalah petikan wawancara tim BAKERY MAGAZINE dengan Enden Y. Ermarisa, selaku National Sales Manager PT. Brataco.
PT. Brataco merupakan bagian dari group perusahaan yang terdiri dari 4 unit bisnis, antara lain PT. Ikafood (pabrik bumbu masak dengan brand KOKITA), PT. Ikapharmindo (pabrik Farmasi & personal care brand NR & Mylea), dan PT.Distriversa Buanamas ( Pharmaceutical & Consumer Product distribution). Untuk industri bahan baku makanan, Brataco memiliki berbagai produk unggulan di segmen bakery. Berikut adalah petikan wawancara tim BAKERY MAGAZINE dengan Enden Y. Ermarisa, selaku National Sales Manager PT. Brataco.
Tanya (BAKERY MAGAZINE) : Apa saja produk-produk yang dimiliki oleh PT. Brataco untuk segmen bakery?
Jawab (Enden) : Brataco menyediakan mentega berbasis beef tallow yang diimpor dari Australia, antara lain RBS, MELO, REF, PASTRY, BOS (dengan brand Pilot), Albared Shortening (dengan merek Alba), REF Premium, RBE, Pastrex dan GBS. Produk-produk tersebut dapat diaplikasikan untuk membuat biskuit, roti, cake, cookies, pastry, gorengan, masakan, tumis, dan grill yang tersedia dalam kemasan Bulk size carton / pail mulai dari ukuran 15 kg – 25 kg.
Jawab (Enden) : Brataco menyediakan mentega berbasis beef tallow yang diimpor dari Australia, antara lain RBS, MELO, REF, PASTRY, BOS (dengan brand Pilot), Albared Shortening (dengan merek Alba), REF Premium, RBE, Pastrex dan GBS. Produk-produk tersebut dapat diaplikasikan untuk membuat biskuit, roti, cake, cookies, pastry, gorengan, masakan, tumis, dan grill yang tersedia dalam kemasan Bulk size carton / pail mulai dari ukuran 15 kg – 25 kg.
T : Apa saja kegiatan edukasi pasar yang rutin dilakukan oleh Brataco dan siapa targetnya?
J : Aktivitas rutin kami lakukan dengan demo langsung di tempat pelanggan dan tempat-tempat kursus. Selain itu kami juga menyelenggarakan grand demo yang diadakan di ibu kota provinsi, seperti Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Surabaya, dan Bali.
J : Aktivitas rutin kami lakukan dengan demo langsung di tempat pelanggan dan tempat-tempat kursus. Selain itu kami juga menyelenggarakan grand demo yang diadakan di ibu kota provinsi, seperti Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Surabaya, dan Bali.
T : Apa saja produk yang saat ini menjadi andalan Brataco dan apa keunggulannya?
J : Produk yang menjadi unggulan kami antara lain : PILOT, RBS, MELO, REF, dan Albared. Keunggulan produk tersebut selain dosis penggunaannya yang ekonomis, juga memberikan rasa serta aroma yang baik, tekstur lebih renyah untuk biskuit atau cookies karena terbuat dari tallow. Selain itu, karena memiliki sifat dan karakteristik mirip dengan butter sehingga produk yang dihasilkanpun akan lebih prima. Satu produk kami yang baru diluncurkan adalah RBE pada bulan Mei 2013 lalu dan sudah bersertifikat Halal dari MUI.
J : Produk yang menjadi unggulan kami antara lain : PILOT, RBS, MELO, REF, dan Albared. Keunggulan produk tersebut selain dosis penggunaannya yang ekonomis, juga memberikan rasa serta aroma yang baik, tekstur lebih renyah untuk biskuit atau cookies karena terbuat dari tallow. Selain itu, karena memiliki sifat dan karakteristik mirip dengan butter sehingga produk yang dihasilkanpun akan lebih prima. Satu produk kami yang baru diluncurkan adalah RBE pada bulan Mei 2013 lalu dan sudah bersertifikat Halal dari MUI.
T : Bagaimana strategi Brataco dalam mengatur distribusi dan ketersediaan produk-produk di berbagai daerah untuk segmen bakery?
J : Brataco memiliki 10 kantor cabang utama di kota-kota besar dan 32 kantor cabang pembantu yang tersebar di pulau Jawa, Sumatra, Bali, Makassar. Oleh karena itu, mengenai ketersediaan stok barang dan distribusi dapat dilakukan lebih cepat.
J : Brataco memiliki 10 kantor cabang utama di kota-kota besar dan 32 kantor cabang pembantu yang tersebar di pulau Jawa, Sumatra, Bali, Makassar. Oleh karena itu, mengenai ketersediaan stok barang dan distribusi dapat dilakukan lebih cepat.
T : Apa saja promosi-promosi yang dilakukan oleh Brataco terutama untuk segmen bakery-resto?
J : Selain beriklan di majalah, sesekali kami mengikuti pameran-pameran lokal, seperti FHT di Bali, Bacary Makassar, dan rutin keliling melakukan demo bersama Technical Advisor Brataco.
J : Selain beriklan di majalah, sesekali kami mengikuti pameran-pameran lokal, seperti FHT di Bali, Bacary Makassar, dan rutin keliling melakukan demo bersama Technical Advisor Brataco.
Q : Berbicara mengenai pengembangan produk Brataco, bagaimana suatu produk bisa dikembangkan sehingga saat diluncurkan bisa diterima pasar dengan baik?
A : Pertama kami sangat memperhatikan pada kualitas suatu barang karena masyarakat Indonesia sudah semakin pintar dalam pemilihan ingredients untuk mengembangkan bisnisnya. Kedua, tentu kami harus membangun brand dengan beriklan baik itu di majalah atau melakukan Grand Baking Demo dengan mendatangkan Technical Advisor, baik dari dalam maupun luar negeri.
Disamping kami memberikan benefit atas kualitas produk dan penggunaan yang ekonomis, kami juga siap berdiskusi untuk lahirnya resep baru yang sedang maupun akan populer di pasar.
A : Pertama kami sangat memperhatikan pada kualitas suatu barang karena masyarakat Indonesia sudah semakin pintar dalam pemilihan ingredients untuk mengembangkan bisnisnya. Kedua, tentu kami harus membangun brand dengan beriklan baik itu di majalah atau melakukan Grand Baking Demo dengan mendatangkan Technical Advisor, baik dari dalam maupun luar negeri.
Disamping kami memberikan benefit atas kualitas produk dan penggunaan yang ekonomis, kami juga siap berdiskusi untuk lahirnya resep baru yang sedang maupun akan populer di pasar.
No comments:
Post a Comment